Jika kamu suka berenang baik di laut maupun kolam renang atau saat bermain jet ski, menyelam atau berselancar, jangan lupa untuk tetap merawat rambut kamu. Meski terkesan sepele, tapi kamu tentu gak mau mahkota kamu rusak karena melakukan hobi nyang kamu sukai kan?
Merawat rambut setelah terpapar air asin atau zat kimia lainnya sebenarnya sangat mudah.mau tau bagaimana caranya saja?


1. Gunakan kondisioner sebelum terpapar air asin.

Jika kamu suka berenang, menyelam atau wisata pantai, kamu akan terpapar dengan angin atau air laut nyang dapat membuat rambut menjadi kering dan lengket akibat garam nyang terkandung pada air laut dan angin pantai.
Agar rambut tidak terlalu kering, baluri rambut dengan kondisioner rambut nyang diusap dari tengah batang rambut ke ujung rambut. kamu gak perlu membaluri kondisioner dari akar rambut, sebab dekat dengan kelenjar minyak sehingga gak perlu pelembab.
tapi kalo rambut kamu panjang, sebaiknya dikepang. Rambut nyang terjalin membuat air garam sulit menembus ke setiap helainya. Untuk memudahkan bawalah kondisioner dalam bentuk spray, sehingga jika diperlukan tinggal semprot saja. Segera bilas seluruh tubuh dan rambut begitu selesai bermain di laut.

2. Gunakan sunscreen khusus rambut saat berenang di kolam.

Jika kamu senang berenang di kolam, waspadailah kandungan klorin dan kaporit nyang dapat membuat rambut terasa kaku dan keras setelah berenang. Untuk melindunginya, pakailah pelembab untuk rambut atau sunscreen khusus rambut sebagai pelindung (waterproof).
Apabila rambut kamu di cat, zat nyang terkandung dalam klorin dan kaporit dapat merusak keindahan warna cat rambut Anda. Setelah berenang, segera bilas dan keramas dengan clarifying shampoo.
Demikian pula jika rambut indah kamu dicat, zat yang terkandung dalam chlorine dan kaporit dapat merusak keindahan warna cat rambut kamu. Jadi sebaiknya setelah selesai berenang segera bilas dan keramas dengan clarifying shampoo atau afterswim shampoo.

3. Gunakan pelindung rambut agar tak mudah kusut.

Agar rambut tak mudah kusut atau berantakan akibat terpaan angin kencang, sebaiknya gunakan produk penataan rambut nyang mengandung silikon nyang juga membuat rambut menjadi lebih berkilau.
Semprotkan ke seluruh rambut, lalu sikat dengan sisir nyang bergerigi jarang. Penggunaan ini mengurangi kemungkinan rambut menjadi bercabang, patah dan rontok.

4. Gunakan topi atau penutup rambut lainnya.

Untuk melindungi rambut dari terik matahari, gunakanlah topi. Tapi bila rambut kamu di cat, sebaiknya pilih topi nyang agak longgar. Topi nyang terlampau ketat membuat rambut menjadi mudah rapuh. Begitu juga dengan rambut nyang diikat, sebaiknya lakukan dalam keadaan kering. Rambut nyang diikat dalam keadaan basah, akan membuat rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. Tapi bila kamu merasa nyaman dengan menggunakan bandana, gunakanlah sebagai pengganti topi.

5. Hindari terlalu sering mencuci rambut.

Orang-orang nyang rambutnya tergolong berminyak, cenderung mencuci rambut lebih sering. Padahal mencuci rambut tidak perlu setiap hari. Bila terpaksa, pastikan kamu menggunakan shampoo berjenis mild atau ekstra lembut nyang dilengkapi dengan pelembab.

6. Gunakan pelindung khusus untuk rambut berwarna.

dan bila rambut kamu di cat, maka kondisi rambut akan sangat sensitif dari terpaan sinar matahari. Sehingga penggunaan topi yang lebar atau bandana sangat diperlukan, bila tidak suka, pilihlah produk pelindung khusus untuk rambut berwarna.