punya masalah sama kesehatan kaki kalian?… gw punya beberapa tips buat perawatan yang simple dan bisa di lakukan sendiri di rumah… begini caranya:


– Perawatan kaki dan kuku kaki : buatlah larutan ynang terdiri dari 2 sendok garam laut ke dalam 1 liter air panas. Akan lebih bagus lagi jika ke dalam larutan ini dimasukkan pula beberapa sendok makan alfalfa extract menthol. Rempah ini termasuk golongan kacang kedelai nyang baik sekali untuk kesehatan kulit dan tulang. Sangat bermanfaat untuk merendam kaki nyang capek dan pegal. Jangan lupa mengeringkan kaki dengan teliti.


– Kaki nyang pecah-pecah dapat dihilangkan dengan cara menggunakan getah pepaya. Caranya : buah pepaya yang masih hijau kulitnya diiris tipis-tipis supaya keluar getahnya, dan dioleskan pada telapak kaki nyang pecah-pecah tadi nYang sebelumnya telah dibersihkan terlebih dahulu. Pengobatan ini dilakukan menjelang tidur atau sesudah mandi.


– Kaki nyang lecet dapat disembuhkan dengan bawang meah. Caranya : setelah bawang merah dibelah menjadi dua, celupkan ke dalam minyak kelapa dan oleskan pada kaki nyang lecet. Kalau sudah sembuh, sebelum memakai sepatu oleskan dahulu bawang merah tersebut.


– buat kaki nyang terlula bisa pake daun cocor bebek dibersihkan dan ditumbuk sampai  halus, kemudian tempelkan pada kaki yang sakit lalu diperban.


– Bagi yang selalu memakai sepatu kulit, adakalanya kaki berbau. Untuk menghilangkannya, gosoklah dengan irisan jeruk nipis lalu olehkan ke kaki.


– Agar kaki atau paha nyang besar kelihatan indah, pakailah rok atau gaun. Bagi bentuk tubuh ini sangat tidak cocok memakai celana panjang. Lebih serasi lagi atau sesuai memakai tunik atau jaket.


– Jika telapak kaki tertusuk paku meskipun lukanya kecil sekali, jangan diabaikan karena bisa menyebabkan infeksi nyang cukup parah. Untuk menghindari hal tersebut, sayatlah luka pada telapak kaki tersebut dengan menggunakan ujung pisau yang sudah disterilkan. Kemudian cucilah atau siramlah luka tersebut dengan alkohol atau cairan anti infeksi agar kotoran atau karat dapat keluar. Jika paku patah dan tertingal didalam daging, harus segera dikeluarkan melalui operasi kecil.


– Kaki belang akibat terkena knalpot motor atau benda panas lainnya dapat dihilangkan dengan kijing, yaitu sejenis kerang nyang memiliki kulit seperti siput, berbentuk panjang dan banyak terdapat disawah atau dirawa-rawa. Beberapa kulit kijing ditumbuk sampai halus, kemudian di saring dan dicampur dengan minyak kelapa. Oleskan pada kaki nyang belang, Kemudian jaga jangan sampai terkena sinar/terik matahari.


– Naaah bagi ibu-ibu yang baru bersalin, bengkak kakinya dapat disembuhkan atau diobati dengan meminum ramuan yang bahan-bahannya terdiri dari : rimpang lempuyang sepanjang jari, cabai satu buah, dan air satu cangkir. Caranya : lempuyang dan cabai di tumbuk halus,lalu diberi air dan diperas menggunakan kain yang bersih. Air perasan tersebut diminum sekali habis. Lakukan beberapa hari berturut-turut. Sebaiknya ibu berbaring dengan kaki diangkat sedikit atau diganjal dengan bantal.


– Bagi ibu-ibu hamil nyang kakinya bengkak, dapat disembuhkan dengan meminum air tebu nyang sudah tua sesering mungkin.


– Cara penyembuhan kedua dengan meminum air godokan rambut jagung sebanyak 1 gelas setiap hari. Rambut jagung direbus dengan 2 gelas air.


– Cara ketiga adalah buatlah adonan terdiri dari asam kawak, ragi tape, dan sedikit air. Campurkan ketiga bahan tersebut sehingga menjadi satu. Kemudian remas-remas sampai bercampur rata/lumat. Balurkan adonan ini ke kaki nyang bengkak menjelang tidur malam.


– Kulit kaki nyang kering biasanya menimbulkan rasa minder dalam pergaulan terutama bagi gadis/wanita. Untuk menghilangkannya, potonglah buntut mentimun biarkan sampai keluar getahnya. Selanjutnya gosokkan lah buntut nyang bergetah pada kaki. Lakukan beberapa kali berturut-turut. Kulit kaki akan menjadi halus.


– Menghindari terjadinya kaki lecet, gunakanlah kaos kaki rangkap. Yaitu dengan menggunakan kaos tipis di dalam dan kaos agak tebal diluar. Dengan cara ini kaki tidak menjadi lecet.


– Membentuk kuku jari kaki menjadi persegi jangan dipanjangkan atau ditajamkan. Untuk menghaluskan gunakan ampelas kuku dari carton, jangan mengasah terlalu dekat dengan selaput kuku. Hal ini akan merusak keaslian pinggiran kuku atau menyebabkan keretakan dan sobek.