waktu liburan kemaren gw ke cirebon di sana gw nyempetin mampir ke rumah kosan gw sekaligus bwat kenalan ma anak-anak nyang ngekos disitu…disana gw dapet cerita dari salah satu anak kos disitu, cerita nyang bikin lucu tapi bisa juga bikin orang kasian…gini ni ceritanya…

ada seorang gadis remaja yang baru aja turun dari bus di terminal cimone. dia kebingungan nyari angkot selanjutnya…celingak-celinguk tanpa nanya ke orang sekitar. tiba-tiba dia di sapa oleh seorang bapak-bapak

“mau kemana neng?”  tanya bapak itu

“ke ciledug pak, tapi saya gak tau naik apa?” jawb gadis itu dengan polosnya

“oh ciledug, kebetulan neng saya juga mau kesana. bareng aja naek bus nyang itu” ajak si-bapak sambil menunjuk bus nyang dimaksud.

awalnya si gadis itu curiga tapi setelah nanya ke kondekturnya dia jadi yakin kalo gak salah naek bus

“lewat ciledug bang?”

“oh iya neng lewat ciledug”

di bus si-gadis remaja itu duduk dibangku nyang 3. disusul dengan si-bapak nyang tadi ngasih tau dia. gak lama dari situ anggi (anak kosan gw) milih duduk di antara mereka. anggi baru aja maen kerumah sodaranya ditanggerang-banten n mau pulang ke cirebon. anggi nyang gak tau daerah tanggerang dan sekitarnya cuma diem aja selama di bus.

*5 jam kemudian…pukul 18.30*

“kok lama banget yah nyampenya?” keluh si-gadis

anggi nyang denger keluhan si-gadis langsung nanya…”emang mau kemana?”

“ciledug”

“oh malih jauh, sekarang aja masih di palimanan (cirebon)” jelas anggi

“tapi kata sodara saya, dari terminal tadi ciledug dah deket”

“masa sih? ciledug tuh jauh dari terminal tadi”

pembicaraan 2 anak remaja ini ternyata dari tadi didengerin sama si- bapak nyang disebelahnya anggi

“emang kamu mau kemana?ciledug mana” tanya si-bapak nyang menyadari sesuatu hal nyang ganjil.

si-gadis mengeluarkan selembar kertas berisikan alamat n’ nomer telepon

xxxxx ciledug-tanggerang

no. telp (021-xxxxxx)

“masya allah neng saya salah kasih tau bus…ini mau ke ciledug-cirebon jawa barat. nyang di alamat ini ciledug-tanggerang banten. emang kamu dari mana?” tanya si-bapak gak enak hati

“lampung pak” jawabnya poloz banget. *muka ketakutan*

anggi nyang dengan muka cengo nya bingung n’ baru sadar ternyata ciledug punya kembaran. sama kayak kuningan  (jakarta selatan n’ jawa barat) ) n’ pabuaran (bekasi n’ jawa barat) trus depok (jawa barat n’ jogja).

alhasil satu bus gempar karna si-gadis… uangnya dah tinggal 15ribu, blum makan, mau nangis😦 kondektur langsung kontek-kontekan sama bus nyang sama nyang ke arah tanggerang (mau dititipin maksudnya -tanpa ongkos bayar-)

si-bapak nelpon sodara si-gadis nyang di tanggerang, ngasih kabar kalo si-gadis kebawa ke cirebon truz supaya mereka 5jam lagi jemput di terminal. (daripada kebawa lagi ke lampung)

sisanya penumpang1 bus patungan beliin makanan n’ minuman bwat si-gadis.

alhasil jumlah perjalanan si-gadis jadi seharian. coz…perjalanan balik ke tanggerang bisa makan waktu ± 6jam…tapi tak apalah itung-itung jalan-jalan.

TIPS BWAT KALIAN NYANG MAU BERPERGIAN JAUH TANPA MENGENAL DAERAH NYANG DITUJU:

  1. bawa alamat tujuan nyang lengkap plus cara-caranya
  2. bawa peta (kalo bawa kendaraan sendiri)
  3. bawa no telp tujuan
  4. bawa makanan (minimal snack ringan, maksimal nasi padang pake ayam+ikan+sambel+es teh manis…jadi berapa mbak? Lhooo ngaco.
  5. bawa minum, nyang botol juga cukup..1 galon juga ok banget tuchh😀 buat 1 bus…
  6. kalo nannya harus lengkap, misalnya ‘mekarsari-depok’ atau ‘ciledug-tanggerang’
  7. lebih baik nanya ke nyang berwajib, kayak petugas/polisi (skalian minta anterin aja ;-))  jangan ke sembarangan orang.
  8. tiap turun dari mobil n’ mau naek angkot jurusan lain…telp orang rumah (tujuan) dulu untuk pastiin bener atau gak.
  9. abaikan point 5,6,7 kalo niatnya skalian jalan-jalan.